Tim Terpadu Damkar Purwakarta Berjuang Padamkan Api Gunung Burangrang

  • Whatsapp
(Purwakarta) –  Memasuki bulan september ini, Gunung Burangrang mengalami kebakaran hebat. Hamparan luas areal hutan di Gunung Burangrang, yang masuk dalam teritorial Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat, mulai terbakar sejak Sabtu (29/8) yang lalu hingga detik ini.
 
Hingga kini api belum juga padam. Sehingga kobaran api terus meluas. Kebakaran juga sulit dipadamkan mengingat kondisi pepohonan yang mengering di gunung itu, membuat kobaran api terus membesar.
 
Kondisi ini menggerakkan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi untuk mengerahkan tim TAGANA-nya yang terdiri dari Damkar, Tim SAR dan Pramuka.

“Kami hanya punya armada pemadam kebakaran. Tapi Tak bisa mengandalkan mereka untuk memadamkan api di hutan Burangrang itu,” ujar Dedi, di Purwakarta.

Menurut Dedi, walaupun hutan di Gunung Burangrang itu kewenangannya ada di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta  BKSDA Jabar, namun pihaknya merasa perlu turun tangan termasuk meminta bantuan kepada kedua lembaga pemerintahan tersebut.

“Malam ini saja, saya sudah instruksikan petugas pemadam kebakaran, tim SAR dan Pramuka untuk ke lokasi. Sasarannya, bila ada warga yang dekat dengan titik api, harus segera di relokasi,” ujar Dedi.
 
Terkecuali itu, Dedi pun telah meminta camat di sekitar kaki gunung burangrang untuk mengerahkan warganya agar membantu pemadaman api di gunung itu.
 
“Camat, Kades di Kecamatan Bojong, Darangdan, Wanayasa, Kiarapedes dan Pondoksalam agar mengerahkan warganya untuk memadamkan api #Selamatkan Burangrang”, tulis Dedi dalam akun twitternya @DediMulyadi71 malam tadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *