oleh

Pelatihan Praktek Lapangan Standarisasi Pramuwisata

(Purwakarta, Pro89Fm), Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata & Kebudayaan Kabupaten Purwakarta menggelar Pelatihan Praktek Lapangan Standarisasi Pramuwisata bertempat di Taman Cikao Park. Jum’at, 27 Juli 2018.

Sebelumnya pada hari kamis sudah melakukan pelatihan yang bertempat di Aula Janaka Komplek Pemkab Purwakarta.

Bagian Humas DPD HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Jawa Barat Arif Muhaidi mengatakan DPD HPI Jawa Barat sudah melakukan kegiatan pelatihan di Kabupaten Purwakarta untuk meningkatkan kualitas SDM ( Sumber Daya Manusia) di Purwakarta terutama pada bidang Pariwisata dan kebudayaan di Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata & Kebudayaan.

“Secara umum setiap SDM pariwisata ada tiga dasar yang harus dimiliki yaitu Skill (kemampuan), Pengetahuan dan Atitude (sikap). ini sangat berperan kepada para pelaku wisata ketika mereka membawa tamu. Ketiga hal ini harus menjadi pegangan setiap Pramuwisata dalam bekerja melaksakan tugas pemanduan”. Kata Arif

Dia mengharapkan dengan adanya kegiatan pendidikan pelatihan, SDM pelaku wisata yang ada di Kabupaten Purwakarta bisa lebih baik dan bersinergi lagi baik dengan sesama Asosiasi Profesi maupun dengan Asosiasi Industri serta Dinas yang terkait khususnya kepariwisataan.

“Sehingga kedepanya Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu prioritas daerah yang siap untuk dikunjungi wisatawan. Kami dari HPI selalu mensupport untuk kegiatan kegiatan yang dapat meningkatkan SDM pariwisata yang ada di Kabupaten Purwakarta”. Tuturnya

Menurut salah satu peserta Pelatihan Standarisasi Pramuwisata Wijanarto Dwi Putra yang akrab dipanggil Wiwi menjelaskan selama ini pengetahuan yang dimilikinya hanya otodidak atau belajar sendiri serta bukan lulusan dari sekolah kepariwisataan, namun setelah melaksanakan pelatihan tersebut merasa terbantu tentang ke pramuwisataan.

Wiwi mengatakan dalam pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 26 hingga 27 Juli 2018 dengan materi teori serta praktek ke lapangan pihaknya bisa tahu bagaimana cara menyajikan pelayanan kepada para wisatawan yang datang ke Kabupaten Purwakarta itu sendiri.

“Dalam pelatihan ini diajarkan untuk melakukan kegiatan diantaranya bagaimana cara untuk menjadi pemandu”. Ucapnya

Sementara itu, Kepala Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Agus Hasan saat ditemui di Kantor nya mengatakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan materi teori, dan hari ini melaksanakan praktek di lapangan ke destinasi wisata diantaranya ke Balai Litbang Keramik Plered dan Taman Wisata Cikao Park.

Dengan adanya kegiatan ini ke depannya diklat pramuwisata ini sebagai bekal untuk menyambut dan memandu para wisatawan yang datang ke Kabupaten Purwakarta.

Peserta Pramuwisata dalam perjalanan ke lokasi wisata Centra Keramik Plered dan Cikao Park mempraktekan cara memandu dan berbicara kepada pengunjung di dalam bus. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed